UNIX

Unix adalah nama sebuah system operasi yang asal mulanya dikembangkangkan
pada laboratorium Bell, AT dan T. Untuk lebih mendalami apakah UNIX, perlu diketahui
untuk system operasi terlebih dahulu. Apakah system operasi ? Sistem operasi adalah
sebuah perangkat lunak computer yang mengatur dan mengembalikan operasi dasar
system computer. UNIX terdiri atas sejumlah program (dapat instruksi untuk memperoleh hasil tertentu). Yang dirancang untuk mengontrol interaksi antara fungsi –
fungsi tugas dari system operasi, diantaranya :
1. Melakukan fungsi manajemen system berkas
2. Mengendalikan berbagai sumber pada system, seperti disk dan printer.
3. Mengantar sejumlah pemakai yang menggunakan system bersamaan
4. Membentuk penjadwalan proses didalam system.
Beberapa sifat dan keistimewaan yang terdapat pada UNIX yang ditunjukkan pada
Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows
Sejarah singkat tentang UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.
Pada tahun 1969, project MULTICS oleh AT&T dihentikan karna terlambat, tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, juga karena jauhnya jarak antara periset yang mengembangkannya, antara labolatorium New Jersey dan MIT.
Pada tahun 1969 juga, Ken Thompson, peneliti yang juga bekerja pada project MULTICS menggunakan komputer PDP-& mencoba merealisasikan ide MULTICS berkerja sama dengan Dennis Ritchie, yang juga sebelumnya bekerja dalam project MULTICS. Peter Neuman menyarankan menggunakan nama Unix untuk sistem yang baru ini, Sistem UNIX ini kemudian ditulis ulang untuk PDP-11 dari Digital dalam satu tahun. Ilmuan AT&T banyak menambahkan kemampuan pada UNIX. pada tahun 1970, sehingga banyak program-program kecil yang disebut tools di UNIX, masing-masing digunakan untuk melakukan suatu fungsi.
Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan bahasa C yang baru dari Ritchie, bahasa C dirancang untuk dapat dibawa portable dari komputer satu ke komputer lainnya.
Tahun 1977, Mike Lesk mengembangkan “ported I/0 library”, library yang dapat dibawa untuk mengatasi kesulitan membawa UNIX dari satu komputer ke komputer lain karna perbedaan penanganan sistem I/0 dari setiap komputer, Unix pertama kali dibawa kedalam laboratorium Interdata 8/32, komputer mikro yang sama dengan PDP-11.
Tahun 1978, sistem operasi UNIX dibawa kedalam komputer mini VAX. sampai dengan saat ini Unix masih banyak sebagai sistem eksperimental. Awal 1973 lebih dari 16 AT&T atau Western Electric di luar laboratorium Bell menjalankan sistem operasi Unix, Unix kemudian menyebar. Tahun 1977 sedikitnya 500 tempat menggunakan sistem operasi Unix, 125 diantaranya adalah perguruan tinggi dan lebih dari 10 negara asing. Pada tahun 1977 juga keluar Unix Versi 6 yang memiliki dukungan komersial. Universitas California di Berkeley membayar 400 (dalam satuan dollar) untuk mendapatkan sumber Unix yang didalamnya terdapat kode sumber Unix yang lengkap. Bill joy dan Chuck Haley, lulusan dari Berkeley, mulai mengubah.
Tahun 1978 Bill Joy mengeluarkan 30 salinan koleksi program dan modifikasi Unix dengan biaya pengganti media dan pengiriman seharga 50 (dalam satuan dollar). Lebih dari 6 tahun Berkeley mendapat dana dari ARPA untuk mengembangkan Unix yang kemudian disebut dengan BSD Unix. banyak pengembangan yang telah dilakukan seperti multitasking, penamaan file dengan jumlah karakter sampai dengan 255 karakter, dan kemampuan untuk digunakan di komputer lokal. pada tahun yang sama AT&T tetap mengembangkan Unix versinya, dan mulai khawatir akan kepopuleran BSD Unix. AT&T mengembangkan produk komersial Unix, yang disebut UNIX System V dan menyatakan sebagai standart Unix, dan menyatakan bahwa BSD Unix bukan merupakan produk Unix yang standart dan tidak kompetible, Pernyataan ini dikeluarkan oleh AT&T untuk meredam kepopuleran BSD Unix, juga karna hak cipta ada pada AT&T, BSD Unix dinyatakan sebagai BSD 4.2. dengan lisensi Berkeley dengan AT&T Universitas dapat secara bebas
Sistem operasi UNIX yang terdiri dari tiga komponen utama:
1. Kernel
Ini adalah perintah dari pusat sistem operasi.Dari sini program konfigurasi memori ditugaskan, serta waktu-urutan peristiwa. Kernel juga mengelola sistem repositori dalam menanggapi sistem panggilan.
2. Programs
Program yang ini membuat individu atas perintah yang diberikan oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
3. Shell
Shell memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem. Di sinilah perintah baris yang dimasukkan, Shell menterjemahkan perintah untuk kernel.
Beberapa sifat dan keistimewaan yang terdapat pada UNIX

1. PORTABILITAS
Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke system computer yang lain. Sifat portabilitas ini membawa UNIX dapat mudah dipakai, pada berbagai jenis computer. Kini Linux telah menyebar pada berbagai jenis system. Dari Notebook, Personal Computer (PC), hingga Mainframe perusahaan. Komputer besar seperti IBM Sun Micro System juga mengeluarkan computer yang berbasis UNIX. Bagi pemakai, hal seperti ini sangatlah menguntungkan. Mengapa demikian ? sebab portabilitas berarti ketidak bergantungan pada suatu perangkat keras. Ini berarti pemakai tidak perlu terpaku pada satu vendor saja. Untuk beralih dari suatu system UNIX ke MULTI USER system UNIX lainnya. Dapat dilakukan dengan mudah, hal ini tidak hanya terbatas pada sistemnya saja, melainkan juga pada aplikasinya. Program aplikasi yang berjalan pada suatu system UNIX  dapat dipindahkan ke system UNIX lainnya, dengan jalan mentransfer program dan kemudian melakukan kompilasi lagi pada system UNIX yang baru. Bahkan beberapa aplikasi bersifat kompatibel dalam bentuk obyek, sehingga tidak diperlukan proses kompilasi.
2. MULTI USER
Multiuser berarti sejumlah orang (pemakai) dapat menggunakan system secara bersamaan dan berbagai sumber. UNIX mendukung keperluan seperti ini, yaitu keuntungan dengan adanya sifat MULTI USER :
a)      Penhematan perangkat keras, sebab perangkat keras dapat dipakai oleh orang banyak.
b)      Data dapat diakses oleh orang banyak secara serentak. Ini berarti tidak ada penduplikasi data. Selain itu konsistensi data lebih terjamin.

3. MULTI TASKING
Seorang pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal. Pekerjaan – pekerjaan yang tidak memerlukan interaksi dari pemakai. Bisa dilaksanakan dilator belakang. Pemrosesan ini memungkinkan saat suatu pekerjaan sedang dilaksanakan oleh system, pemakai dapat melakukan tugas-tugas yang lain.

4. SHELL UNIX
Shell UNIX menjadi jembatan antara pemakai dan system. Ia bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai kemampuan, Shell mencakup dua hal, yaitu :
¾  Modus Interaktif dan
¾  Modus Pemrograman
Pada mode interaktif, pemakai dapat memberikan perintah dan kemudian shell akan mengerjhakan perintah yang diberikan. Hal ini dapat diulang-ulang sebab begitu shell telah selesai menjalankan perintah, shell akan menunnggu pemakai memberikan perintah kembali.
Pada modus pemrograman, pemakai dapat menyusun suatu program yang sejumlah perintah yang biasa disebut skrip shell. Selanjutnya, shell akan mengerjakan perintah – perintah tersebut secara berurutan. Hal seperti ini sangat bermanfaaat untuk menangani pekerjaan yang bersifat rutin. Pada modus ini pemakaian dapat membuat suatu prototy Suatu kegiatan tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman seperti C. Baik pada mode interaktif maupun pemrograman. Pemakai dapat dengan mudah mengarahkan keluar –keluaran perintah yang normalnya kelayar menjadi ke suatu berkas. Bahkan pemakai dapat jhuga mengatur agar hasil suatu perintah menjadi masukan bagi perintah yang lain.



5. UTILITAS
Sistem Operasi UNIX atas sejumlah program yang antara lain berupa utilitas-utilitas yang
tersedia pada UNIX mempunyai tugas yang bermacam-macam, antara lain berhubungan dengan :
a)    Manajemen berkas
b)    Penyunting berkas
c)    Pendukung Komunikasi
d)   Pendukung pengembangan perangkat lunak
Dengan mengkombinasikan utilitas. Untuk yang ada, pemakai dapat membuat program
baru untuk melaksanakn tugas seperti yang diharapkan hal ini dapat dilakukan dengan
cepat dan mudah.
6. Masyarakat UNIX
Kalau semua pemakaian UNIX terbatas pada keinginan tertentu terutama lingkungan Universitas, kjini UNIX juga banyak dipakai untuk menangani aplikasi bisnis. UNIX juga seringkali banyak digunakan untuk memecahkan persoalan yang kompleks pada permasalahan statistic dan engineering.
Saat ini banyak perkumpulan pemakai dan engineering. UNIX yang bertebaran diinternet. Indonesia, para pengguna Linux mempunyai kelompok tersendrir, selain itu juga muncul majalah yaitu infolinux, perkembangan UNIX juga tidak lepas dengan lembaga – lembaga atau organisasi yang melakukan standarisasi, antara lain :
a) ANSI (American National Standards Institute)
Mempunyai peranan dalam dunia UNIX. Institusi ini meyediakan standar pemrograman C yang dibentuk melalui komite ANSI XJ311
b) X/OPEN
X/OPEN merupakan konsorsium International Non Provit dari sejumlah pabrik computer, seperti Bull, ICL, Olivetti, Nixdorf, Philips dan Siemens. Didirikan pada tahun 1984, selain perusahaan computer Eropa, pabrik computer Amerika seperti DEC,HP dan Unlsys serta AT dan T jhuga menjadi anggotanya, tujuan dari kelompok yang sangat berpengaruh dibenua Eropa ini adalah mendefinisikan lingkungan untuk mendukung portabilitas perangkat lunak Spesifikasi system terbuka yang dikeluarkan oleh organisasi ini adalah XPG (X/OPEN Portability Guide).
c) ISO (International Standards Organization)
Ikut mengembangkan beberapa standard, terutama dalam lingkup komunikasi computer.
d) X-Consorfium
Konsorsium ini membuat pedoman antarmuka yang berdasarkan teknologi XWINDOWS.
e) AT & T
AT & T mengeluarkan standar system V yang disebut SUID. Standar ini menyebutkan fasilitas-fasilitas pada UNIX yang dijamin tidak bakal berubah pada rilis –rilis mendatang.

  1. 7. Sistem Berkas yang Hierarkis
    Sistem berkas yang hierarkis memungkinkan pemakai mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan mudah untuk mengaksesnya. Informasi informasi yang ada dapat diatur misalnya dikelompokan per pemakai atau berdasarkan suatu.
Mengenal Perintah Dasar Pada Sistem Operasi Unix
Stuktur Dasar Perintah Pada Unix
Perintah-perintah yang terdapat pada sistem operasi unix umumnya adalah berupa command line. yangCase-Sensitive, artinya perintah ini membedakan dua perintah dengan huruf besar dan huruf kecil. Hal ini juga berlaku untuk file dan direktori.
Misalnya :
isi file1 berbeda dengan isi File1
Sedangkan perintah buil-in pada Unix umumnya menggunakan huruf kecil
Struktur dasar perintah command line tersebut pada unix adalah sebagai berikut :
perintah [pilihan] [argumen]
Penjelasan :
-          perintah, adalah  command yang digunakan untuk melakukan suatu action.
-          Kurung siku menyatakan bahwa yang ada di dalamnya bersifat optional. Bisa ada,bisa tidak.
-          Pilihan (option) untuk mengubah atau menambah default tindakan dari perintah.
-          Argument menyatakan objek yang akan diproses oleh perintah.  Bagian ini umumnya berupa file; tetapi bisa juga berisi data yang akan diproses.
Sebagai contoh, suatu perintah mempunyai format sebagai berikut  :
kh [-wc] file…
Artinya, bentuk suatu perintah berikut diperkenankan :
$kh -w file1
$kh -w -c file1 file 2
$kh file2
$kh file1
Pilihan (Option)
Sebuah pilihan adalah bagian dari baris perintah, berupa sebuah kata yang diawali dengan tanda minus (-), yang mengontrol tindakan dari suatu perintah. Sebagai contoh, ls adalah utilitas yang digunakan untuk menampilkan isi dari suatu direktori. Perintah ls bisa tidak mengandung pilihan maupun argumen. Hasilnya berupa nama-nama file pada direktori kerja (sama seperti dir pada Dos). Untuk mengubah tindakan default dari ls, pilihan seperti -l (menampilkan informasi file, seperti ukuran file) dapat ditambahkan.
$ls
file1
file2
file3
$ls -l
total 3
-rwx-rw-r–      1          user_name       group   3k        Des 15  14:20  file1
-rw—r—r–      1          user_name       group   4k        Des 16  14:21  file2
-rw—rw-rw     1          user_name       group   5k        Des 16  14:30 file3
Adakalanya pilihan yang perlu diberikan tidak hanya sebuah. Sebagai contoh, pada ls terdapat pilihan -r yang akan menampilkan daftar file dengan urutan nama secara terbalik (descending), misal :
$ls -r
file3
file2
file1
Apabila diinginkan untuk mengandung option -r dan -l, dapat dilakukan dengan memberi perintah sebagai berikut :
$ls -r -l
Selain menggunakan cara di depan, pilihan -l dan -r dapat digabungkan menjadi sebuah kata. Dengan penulisan :
$ls -lr   , yang hasilnya ekivalen dengan   $ls -l -r     atau
$ls -rl     , yang hasilnya ekivalen dengan   $ls -r -l
Argument
Argument atau yang dikenal juga dengan  parameter adalah bagian dari baris perintah yang digunakan untuk menyebutkan informasi   – data, file dan sebagainya -  yang akan dikenai tindakan oleh perintah. Berbeda dengan pilihan, argumen tidak mempunyai tanda khusus yang digunakan untuk mengawalinya.
Contoh :
$ls -rl   /usr/bin
jenis-jenis UNIX
Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.
Nama varian UNIX
Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
A/UX Apple Computer
Domain/X Apple Computer
Darwin Apple Computer (modifikasi yang dilakukan oleh Apple dari kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).
CTIX Convergent Technology
Distrix Convergent Technology
UniCOS Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics Incorporated)
DG/UX Data General Corporation
Digital UNIX Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq, sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Ultrix Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq. sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
CLIX Fairchild Company
HP/UX Hewlett-Packard
Tru64 Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
AIX International Business Machine (IBM) Corporation
Coherent Mark William Company
XENIX Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIX Northern Telecom
UnixWare Novell Incorporated
SCO UNIX Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIX Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO OpenServer Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Dynix Sequent
SINIX Siemens Corporation/Nixdorf
IRIX Silicon Graphics Incorporated (SGI)
SunOS Stanford Universities Network (SUN)
Solaris Sun Microsystems Incorporated
OpenSolaris Sun Microsystems Incorporated
Illumos Illumos.org
Eunice The Wollongong Group
Uniplus+ Unisoft Corporation
BSD UNIX Universitas California (University of California) Berkeley, Amerika Serikat
BSD/I BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)
OSF/1 Open Software Foundation
GNU/Linux Free Software Foundation
GNU/Hurd Free Software Foundation
FreeBSD -
NetBSD -
OpenBSD -
NextStep -
Minix Universitas Terbuka Amsterdam (Vrije Universiteit Amsterdam), Belanda
Mach Universitas Carnegie Mellon (Carnegie Mellon University), Amerika Serikat
UNIX System V Lucent Technologies (Bell Labs)
QNX QNX Software Systems

0 komentar:

Poskan Komentar