Singkat tentang Sistem operasi

Sistem Operasi atau Operating System (OS) merupakan softwere yang peting bagi perangkat elektronika seperti Komputer dan Handphon. Sistem Operasi menjadi penting sebabebab Sistem operasi ini yang mengontrol dan mengatur perangkat keras serta melakukan operasi-operasi dasar dari perangkat elektronika tersebut. Hal lain yang dikerjakan oleh sistem operasi adalah melakukan layanan yang bersifat umum inti, misalnya mengakses disk, pengaturan memori, dan tufgas-tugas lain yang berkaitan dengan hardwere. Dengan kata lain, Sistem Operasi menjadi penghubung antara softwere aplikasi komputer dengan hardwere, sehingga softwere aplikasi tersebut dapat mengakses hardwere dengan baik.

Sistem Operasi ini berupa sofwere yang juga dapat menjalankan softwere lain misalnya softwere pengolak kata, spreadsheet, design grafis, dan web browser. Ketika Komputer dinyalakan, yang pertama kali dijalankan adalah Sistem Operasi sebelum softwere lain dijalankan.

Secara umum, Sistem Operasi terdiri dari bebeeapa bagian:

  1. Mekanisme boot (meletakkan karnel kedalam memory) Pada saat komputer dihidupkan, hal yang dilakukan adalah meletakkan karnel Sistem Operasi kedala memory komputer, sehingga Sistem operasi berjalan dan siap digunakan.
  2. Karnel merupakan softwere utama dari Sistem Operasi untuk mengakses hardwere komputer secara aman.
  3. Command Interpreter Bertugas membaca input dari pengguna.
  4. Pustaka-pustaka Menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver Berfungsi untuk ntuk berinteraksi dengan hardware eksternal (misal Printer), sekaligus untuk mengontrol mereka.
Pada saat ini, pengguna komputer dimudahkan dengan banyaknya jenis sistem operasi yang tersedia. Masing-masng jenis Sistem Operasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pengguna komputer dapat memilih Sistem Operasi mana yang di sukai untuk di pakai di komputernya. Sistem operasi yang populer yang tersedia misalnya Linux. Sistem Operasi Linux ini memiliki banyak sekali jenis. Untuk lebih jelanya silahkan baca artikel mengenal linux. Sistem Operasi yang populer juga bagi pengguna komputer adalah dari windows dan Mac OS.

0 komentar:

Posting Komentar